PT Asuransi Jasaraharja Putera Meningkatkan Literasi Keuangan UMKM di PLUT KUMKM Kabupaten Bandung

PT Asuransi Jasaraharja Putera Meningkatkan Literasi Keuangan UMKM di PLUT KUMKM Kabupaten Bandung

JAKARTA (13/06/2024) — PT Asuransi Jasaraharja Putera mengadakan acara literasi keuangan bertema ‘The Miracle of Today for Tomorrow’ di PLUT KUMKM Kabupaten Bandung pada Kamis, 13 Juni 2024, dengan tujuan meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia. Kegiatan ini menargetkan pelaku UMKM di Pangalengan dan Kabupaten Bandung, dengan harapan para peserta akan memperoleh pengetahuan dasar mengenai pengelolaan keuangan dan memahami jenis lembaga jasa keuangan yang resmi dan diawasi oleh OJK.
Acara ini dihadiri oleh 50 UMKM dan dimulai pukul 09.00 WIB, diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas KUMKM Kabupaten Bandung, Bapak H. Dindin Syahidin, kemudian Direktur Teknik PT Asuransi Jasaraharja Putera Bapak Suhardiman dan Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 5 OJK Regional 2 Bandung yang di wakili oleh Bapak Tjandra Nyata Kusuma sekaligus membuka acara Literasi Keuangan 2024.
“Melihat kondisi sekarang kasus pinjol di indonesia sebanyak 61,1 Triliun, kondisi seperti ini sangat memprihatinkan untuk masyarakat indonesia yang masih minim pemahaman tentang mengelola keuangan dengan baik, maka dari itu sangat penting dilakukannya kegiatan literasi keuangan untuk mengurangi bahkan menghilangkan kasus terjerat pinjol di Indonesia dengan pemahaman yang matang tentang bagaimana mengelola keuangan yang baik,” Ujar Suhardiman.

Literasi Keuangan PT Jasaraharja Putera Tahun 2024

Menurut Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 5 OJK Regional 2 Bandung, Tjandra, saat ini pemahaman dan literasi keuangan di kalangan masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Hal ini menjadi masalah besar karena banyak orang yang menggunakan produk jasa keuangan tanpa benar-benar memahaminya. Akibatnya, mereka sering merasa dirugikan dan menjadi korban penipuan. Tjandra berharap kegiatan literasi keuangan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang produk-produk jasa keuangan, sehingga mereka tidak mudah tertipu oleh perusahaan yang tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kegiatan literasi ini tidak hanya menyajikan materi, tetapi juga melibatkan sesi tanya jawab dan pemberian hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada para UMKM yang hadir. Souvenir dalam acara ini menerapkan ESG seperti gelas dari bahan gandum, tumbler, dan totebag, selain itu ada permainan kuis dengan hadiah berupa lampu solar dan juga helm untuk keselamatan berlalu lintas bagi pemenangnya. Jasaraharja Putera juga memberikan Asuransi Kecelakaan Diri secara gratis selama satu tahun.

Jasaraharja Putera terus berusaha meningkatkan layanan untuk membantu masyarakat meraih masa depan yang lebih baik melalui inovasi dan efisiensi produk. Dengan meningkatkan literasi keuangan, Jasaraharja Putera berharap dapat membantu UMKM mengelola keuangan dengan baik dan menghindari keterlibatan dengan pinjaman online ilegal.


Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan materi mengenai dasar-dasar pengelolaan keuangan, jenis lembaga keuangan seperti asuransi umum dan asuransi syariah, serta produk-produk asuransi Jasaraharja Putera, dan cara memanfaatkan produk dan jasa keuangan, termasuk memeriksa keabsahan hukum penyedia jasa keuangan terkait. Suhardiman menekankan bahwa literasi keuangan adalah tanggung jawab semua lembaga jasa keuangan di Indonesia, dan pemerintah telah mengharuskan perusahaan asuransi, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya untuk melaksanakan literasi keuangan guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan keuangan.
Kemudian dilanjutkan paparan materi company profile yang disampaikan langsung oleh Ibu Adindha Karina Dewi selaku perwakilan Corporate Secretary dan dilanjutkan paparan materi sesi I yang disampaikan oleh Bapak Sumanto selaku perwakilan Branch Office Bandung lalu dilanjutkan paparan materi sesi II oleh Bapak Saeful Hadi Teguh selaku Syariah Group Head dan selanjutnya terdapat paparan materi dari perwakilan Jasa Raharja Bandung dan terakhir tedapat paparan materi Mindset Kewirausahaan oleh Bapak Asep Wahyudin selaku perwakilan PLUT KUMKM Kabupaten Bandung.