Dalam rangka penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) untuk mewujudkan visi dan misi PT Jasaraharja Putera, perlu adanya panduan kerja yang konsisten bagi setiap Unit Kerja Kantor Pusat, Kantor Cabang, Kantor Pemasaran dan Unit Layanan PT Jasaraharja Putera dalam penerapan Sistem Manajemen Anti penyuapan di PT Jasaraharja Putera meliputi: langkah-langkah secara proporsional dan wajar dalam penanganan anti penyuapan. Ini termasuk mengadopsi kebijakan anti penyuapan, membutuhkan kepemimpinan manajemen puncak, menunjuk seseorang untuk mengawasi kepatuhan anti penyuapan, memberikan pelatihan personil, melakukan penilaian risiko penyuapan dan uji kelayakan pada proyek-proyek dan rekan bisnis, dan menerapkan pengendalian keuangan dan pengendalian Non-Keuangan, sistem pelaporan dan prosedur penyelidikan.
Maksud dan tujuan pedoman Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) adalah:
  1. Memberikan pemahaman secara komprehensif kepada seluruh Insan Jasaraharja Putera mengenai penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).
  2. Menyajikan berbagai ketentuan dan mekanisme yang mengatur penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dan upaya pengendalian terhadap terjadinya kecurangan agar tercipta pengelolaan perusahaan yang profesional, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Sebagai alat yang dapat diandalkan dalam mendeteksi dan mencegah terjadinya kecurangan (fraud) dalam perusahaan serta merupakan perwujudan implementasi GCG di tingkat operasional.
  4. Sebagai salah satu konsep kebijakan yang dapat membantu perusahaan meningkatkan kinerja dan nilai (value) perusahaan dengan cara meningkatkan prinsip kejujuran, akuntabilitas, bertanggung jawab dan dapat dipercaya bagi seluruh Insan Jasaraharja Putera, agar perusahaan memiliki daya saing yang kuat baik secara nasional maupun internasional.

Tujuan:

  1. Membantu manajemen operasional untuk mencari solusi terbaik dalam menghadapi berbagai macam kecurangan (fraud), termasuk menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika bisnis dan implementasi prinsip-prinsip Sistem Manajemen Anti Penyuapan.
  2. Mendorong seluruh Insan Jasaraharja Putera agar dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakannya dilandasi oleh nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.
  3. Menciptakan budaya kepatuhan yang dapat mengenal, mencegah dan mengatasi kondisi dan potensi kecurangan secara konsisten dan efisien tanpa mengurangi kinerja seluruh Insan Jasaraharja Putera.
  4. Menjadi sebuah kebijakan yang berlaku bagi segenap insan Jasaraharja Putera dimana perusahaan akan menginformasikan kebijakan ini kepada semua pihak yang berkepentingan agar memahami dan melaksanakan pedoman Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang menjadi salah satu standar kerja perusahaan.

Lampiran :

  • Sertifikat SNI ISO 37001 2016 Download
  • Kebijakan Anti Penyuapan PT Jasaraharja Putera Download
  • Komitmen Anti Penyuapan BOD BOC Download